RPP Bahasa Jerman Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Abad 21
RPP Kurikulum 2013 Abad 21 Bahasa Jerman Kelas 12 revisi 2018. Selamat sore, kembali lagi saya membagikan link download contoh rpp kurikulum 2013 revisi 2018 khususnya mata pelajaran bahasa peminatan yakni rpp bahasa jerman kelas xii revisi 2018.
Apa yang baru pada rpp kurikulum 2013 revisi 2018? RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2018 merupakan kelanjutan implementasi Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 yang mengintegrasikan PPK, keterampilan Abad 21 atau 4C, Literasi, dan HOTS.
Adapun mata pelajaran di SMA yang kami berikan contoh rpp kurikulum 2013 revisi 2018 yakni Pendidikan agam islam, pendidikan agama kristen, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, Matematika wajib, Seni budaya (musik, teater, rupa, Tari), Penjas, Sejarah Indonesia, Prakarya dan Kewirausahaan, Matematika peminatan, biologi, fisika, kimia, geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.
Baik, langsung saja berikut contoh rpp bahasa jerman kelas xii kurikulum 2013 revisi 2018 terintegrasi abad 21 (PPK, Linterasi, 4c dan host) :
Jangan lupa share ke rekan guru yang lain. Salam...
RPP Bahasa Jerman Kelas XII Kurikulum 2013 |
- Mengintegrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) di dalam pembelajaran, yaitu mengintegrasikan dan mengembangkan karakter terutama 5 karakter: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan literasi, yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.
- Mengintegrasikan dan mengembangkan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan HOTS, yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
RPP Bahasa Jerman Kelas XII Revisi 2018
Berikut langkah-langkah pembelajaran rpp bahasa jerman revisi 2018 kelas xii :
1) Dintegrasi:
a) 4C (kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuan berpikir/lebih luas dari HOTS):
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK): PROSES KONSEPTUALISASI, MENERAPKAN, MENGANALISIS, DAN MENGEVALUASI MELALUI PROSES BERPIKIR DEDUKTIF DAN INDUKTIF (sintesis dari Scriven dan Paul, 1984; Facione, dkk., 1995; Scheffer dan Rubenfield, 2000).
- CREATIVITY (KREATIVITAS): KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN SOLUSI, IDE, KONSEP, TEORI, PROSEDUR, PRODUK. INOVASI ADALAH BENTUK KREATIVITAS (sintesis antara Fullan, 2013 dan OECD, 2014)
- COLLABORATION (KERJASAMA): KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK BAIK TATAP MUKA ATAU MELALUI KOMUNIKASI DUNIA MAYA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH, MENYELESAIKAN KONFLIK, MEMBUAT KEPUTUSAN, DAN NEGOSIASI UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERTENTU (sintesis antara Lai, 2011 dan Dede, 2010)
- COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI): KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PIKIRANATAU PANDANGAN DAN HASIL LAIN DALAM BENTUK LISAN, TULISAN, MENGGUNAKAN IT, DAN KEMAMPUAN MENDENGAR, KEMAMPUAN MEMAHAMI PESAN (revisi dari Fullan, 2013, Canada, 2014)
b) HOTS (kemampuan berpikir)
c) Literasi antara lain pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan, dll
d) Karakter
2) Pembelajaran dirancang: interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
3) Dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup
a) Kegiatan Pendahuluan:
- menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
- memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
- mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
- menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
- menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b) Kegiatan Inti:
- menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
- Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
- Mengembangkan sikap melalui proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, hingga mengamalkan (seluruh aktivitas pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong peserta didik untuk melakukan aktivitas tersebut)
- Mengembangkan pengetahuan melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, hingga mencipta.
- Mengembangkan keterampilan melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.
- Seluruh isi materi mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong peserta didik untuk melakukan proses pengamatan hingga penciptaan.
c) Kegiatan Penutup
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi hal-hal berikut.
- seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
- menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
Adapun mata pelajaran di SMA yang kami berikan contoh rpp kurikulum 2013 revisi 2018 yakni Pendidikan agam islam, pendidikan agama kristen, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, Matematika wajib, Seni budaya (musik, teater, rupa, Tari), Penjas, Sejarah Indonesia, Prakarya dan Kewirausahaan, Matematika peminatan, biologi, fisika, kimia, geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.
Baik, langsung saja berikut contoh rpp bahasa jerman kelas xii kurikulum 2013 revisi 2018 terintegrasi abad 21 (PPK, Linterasi, 4c dan host) :
Jangan lupa share ke rekan guru yang lain. Salam...
0 Response to "RPP Bahasa Jerman Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Abad 21"
Post a Comment